Preto188

1 / 6
1 / 6
1 / 6
1 / 6

Wednesday, September 26, 2018

Sirkuit GP Internasional Shanghai Telah Dibuka


Preto188- Pada hari ini 14 tahun yang lalu, tepatnya pada 25 September 2004, Sirkuit Intenasional Shanghai kali pertama dibuka dengan menggelar Grand Prix F1 China.

Walaupun balapan Formula 1 dominan diselenggarakan di Eropa, pembangunan sirkuit Shanghai menjadi salah satu langkah awal bahwa Asia bisa menyelenggarakan balapan tersebut.

Secara khusus, Sirkuit Internasional Shanghai dibangun untuk menarik perhatian dan investasi untuk industri otomotif Cina yang ketika itu baruTahap awal Balapan Formula 1 tentunya memerlukan sirkuit dengan spesifikasi yang istimewa. Sebab, mobil balap F1 bisa menghasilkan kecepatan sekitar 300 kilometer/jam, oleh mesin yang dapat mencapai 850 tenaga kuda.

Pemerintah China kemudian mempunyai rencana untuk mengembangkan sirkuit untuk dapat menggelar pertandingan balap tingkat dunia. Mereka akhirnya mengadakan kerja sama dengan beberapa perusahaan terkait untuk membangun sirkuit.

Dengan bantuan Shanghai Jiushi Group, Shanghai Nasional Property Management dan Shanghai Jia'an mereka mulai menyiapkan berbagai insfrastruktur untuk mendukung pembangunan itu. A

Ahli arsitektur dan desain mulai merancangnya pada Mei 2003. Mereka menyiapkan lahan yang luas untuk merealisasikan program Pemerintah China. Tim yang terdiri dari 3.000 pekerja mulai bekerja dengan maksimal sesuai prosedur awal.

Dan berkat arahan seorang arsitek yang berpengalaman dalam merancang sirkuit, Hermann Tilke, secara perlahan sirkuit itu mulai disempurnakan.

Tata letak dari sirkuit terinspirasi dari karakter China (Shang) yang menunjukkan nama pertama dalam kota Shanghai, yang berarti di atas atau naik.

Berawal dari rawa, akhirnya pekerja mulai mengubah lahan itu jadi pacuan internasional dalam waktu 18 bulan. Ketika itu biaya yang dipersiapkan sekitar 450 juta dolar AS. 

Sirkuit ini memiliki panjang sekitar 5,5 kilometer dan 16 belokan dalam satu lap. Sirkuit ini juga bisa menampung penonton sekitar 200.000 orang.



Pembukaan perdana 

Setelah semua persiapan siap, Sirkuit Internasional Shanghai mulai dibuka pada 25 September 2004 untuk perhelatan Grand Prix F1. Pada sesi itu, merupakan balapan keenam belas pada musim lomba 2004 sekaligus perlombaan perdana di Sirkuit Internasional Shanghai.

Pada awal pembukaannya, Grand Prix China menarik sekitar 260.000 penonton, melebihi kapasitasnya. Hal ini ditengarai pembukaan sirkuit yang dibarengi balapan F1.

Pada balapan tersebut, pebalap Rubens Barrichello asal Brasil meraih juara pertama untuk tim Ferrari dan disusul Jenson Button untuk tim BAR. Sementara posisi ketiga adalah Kimi Raikkonen untuk Mc Laren.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Banner iklan disini