Preto188

1 / 6
1 / 6
1 / 6
1 / 6
1 / 6

Sunday, December 30, 2018

Hitung Kalori Makanan untuk Tubuh


Preto188- Perhitungan kalori biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Tetapi sebenarnya teknik ini juga penting dilakukan oleh kita semua agar dapat mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita.

Apalagi di libur panjang yang akan datang,Akan banyak makanan dan minuman yang akan kita komsumsi dalam tubuh yang kita tidak tau berapa kalori yang ada di dalamnya. Disaat seperti itukah kita harus paham betul, berapa kalori yang dibutuhkan dalam tubuh kita.

Kalori adalah satuan energi, bukan berat atupun kepadatan nutrisi. Namun energi bisa terkandung dalam beberapa sumber energi, salah satunya makanan.

Satuan kalori biasanya disebut sebagai kal. Namin pada bungkus makanan satuan energi ditulis kilokalori (kkal). Satu kilokalori ini serata dengan 1.000 kalori.

Satu kkal adalah jumlah energi yang diperlukan untuk memasnaskan 1 kilogram air sebanyak 1 derajat Celsius, Jelas Grace Derocha, ahli diet dan pelatih kesehatan di Blue Cross Blue Shield of Michigan.

Kalori dalam Makanan

Dalam makanan,terdapat tiga jenis makronutrisi, yaitu lemak,protein dan karbohidrat. Per 1 gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan 1 gram protein maupun 1 gram karbohidrat masing-masing mengandung 4 kalori.

Kalori dalam makanan sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Namun jika jumlah kalori makanan dikonsumsi berlebihan dan tak mengalami pembakaran, akan ada kalori ekstra yang disimpang tubuh dalam bentuk lemak.



Untuk mengatur jumlah kalori makanan yang kita konsumsi, Kita perlu memperhatikan kalori pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Saat ini banyak aplikasi yang memberi informasi tentang informasi mengenai jumlah kalori pada makanan.

Kita juga dapat menghitung sendiri jumlah kalori dari makanan yang kita konsumsi. Ruth MacDonald, professor dan ketua ilmu makanan dan nutrisi manusia di Iowa State university memberikan contoh perhitungan kalori ini.

Angggap anda memiliki makanan yang mengandung 10gram protein (10x4= 40)
dan 5 gram lemak (5x9= 45)
Maka nilai total kalori adalah 40+45 = 45 kalori,

Berapa kalori yang kita butuhkan?

Pada umumumnya, Organisasi pangan dunia (FAO) menyarankan orang dewasa rata-rata harus mengonsumsi minimal 1.800 kilokalori per hari. Namun sebenarnya jumlah kalori makanan per hari yang dibutuhkan manusia itu berbeda beda tergantung pada beberapa faktor seperto faktor jenis kelamin,usia, tinggi dan berat badan,serta aktivitas fisik.



Berikut cara menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh menurut jenis kelamin dan tinggi badan :

Pertama kita harus mengetahui Tinggi Badan (TB) kita dan kemudian menghitung Berat Badan Ideal (BBI) kita dengan rumus berikut :

BBI= (TB-100) - (10%x(TB-100)

Angka TB harus dalam sentimeter(cm). jadi misalkan tinggi badan setinggi 190cm, maka berat badan ideal adalah :

BBI = (190-100) - (10%x(190-100)) 90 - (10%x90) = 90-9 =81

Setelaj ,mengetahui angka BBI, yang selanjutnya perlu kita hitung adakah kebutuhan Kalori Basal (KKB). KKB adalah kebutuhan kalori yang tubuh butuhkan untuk melakukan aktivitas basalnya.

Saat kita tidur atau duduk dan tidak melakukan aktivitas apapun,tubuh tetap melakukan berbagai aktivitas, seperti memompa jantung,mencerna makanan, bernafas dan lain sebagainya.

Rumus untuk menghitung KKB :

KKB Laki-laki = 30kkal x BBI

KKB Perempuan = 25kkal x BBI

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Banner iklan disini