Preto188

1 / 6
1 / 6
1 / 6
1 / 6
1 / 6

Monday, December 24, 2018

Krakatau Belum Stabil


Preto188- Saat ini kondisi Gunung Anak Krakatau masih belum stabil saat ini. Gunung api laut itu berpotensi kembali longsor dan menyebabkan tsunami di sekitar Selat Sunda.

Ahli geologi, Surono atau yang akrab disapa Mbah Rono mengatakan bahwa saat ini Gunung Anak Krakatau masih membangun tubuhnya untuk terus bertambah tinggi. Proses itu dilakukan dengan cara mengeluarkan material-material melalui letusan-letusan kecil.

Ahli vulkanologi juga menyebut, material yang membentuk tubuh Gunung Anak Krakatau itu masih belum kuat dan stabil sehingga rawan terjadi longsor. Longsor itu lah yang jatuh ke dalam laut dan mendorong air laut ke daratan di sekitar Selat Sunda dan menyebabkan tsunami.

Seperti diketahui, gelombang tinggi tsunami menerjang kawasan pantai Kabupaten Pandeglang, Banten dan Lampung Selatan, Lampung pada Sabtu (22/12) lalu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengonfirmasi, tsunami Selat Sunda terjadi akibat kepundan Gunung Anak Krakatau yang kolaps dan menyebabkan longsor ke dalam laut.

Gunung Anak Krakatau sendiri diketahui mulai aktif sejak Juni 2018. Meski relatif kecil, namun gunung kerap mengalami erupsi hampir setiap hari selama periode tersebut.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Banner iklan disini